Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Dan Ampuh Meningkatkan Traffic Website atau Blog



Semua Publisher web atau blog  tentu menginginkan site selalu dikunjungi banyak pengunjung setiap harinya. Website toko online membutuhkan traffic tinggi agar kemudian bisa dikelola menjadi leads atau pelanggan. Blog pun membutuhkan traffic tinggi supaya nantinya pemilik blog bisa memasang iklan atau kerja sama advertorial di blognya.


Jujur saja admin membuat blog dikarenakan ingin mendapatkan uang dari iklan yang ditayangkan di blog admin. Tetapi untuk memasang iklan diblog atau website harus memenuhi syarat kebijakan yang diberikan oleh pemberi iklan, dan salah satu syaratnya adalah traffic yang dibilang tidak terlalu banyak jika telah melakukan hal hal yang akan disampaikan admin berikut ini.


Riset Keyword
Ide tulisan Anda bisa saja bagus dan menarik menurut Anda, tapi jika tidak ada orang yang tertarik sama sekali dengan ide tersebut, traffic website Anda akan sulit ditingkatkan. Dengan melakukan riset keyword, Anda bisa menemukan kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna mesin pencari Google.

Anda bisa melakukan riset keyword dengan berbagai cara. Terdapat berbagai macam tools yang bisa membantu Anda menemukan keyword yang tepat untuk website dan blog Anda.

Ketika melakukan riset keyword, Anda akan menemukan dua jenis keyword, yaitu short tail keyword dan long tail keyword. Short tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari satu sampai dua kata. Misalnya, kata kunci seperti “contoh blog” atau “membuat blog”. Kata kunci jenis short tail cenderung memiliki volume pencarian tinggi.

Sebelum menargetkan short tail keyword, Anda bisa menargetkan long tail keyword terlebih dahulu. Long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari lebih dari tiga kata. Misalnya, “cara membuat website dengan Blogger” atau “cara membuat toko online”.

Dari riset keyword Anda akan mendapatkan banyak kata kunci untuk ide artikel Anda. Namun, seringkali tool riset keyword memberikan kata kunci kaku dengan variasi yang terbatas.

Anda dapat menemukan berbagai macam variasi kata kunci menggunakan LSI Keyword.LSI Keyword merupakan kumpulan kata kunci yang ditemukan di satu topik tertentu dan saling berhubungan secara semantik.



Tulis Artikel Yang Lengkap Dan Mudah Dipahami
Panjang artikel Anda menjadi salah satu faktor penilaian Google dalam menentukan ranking di hasil pencarian. Google menganggap artikel panjang sebagai artikel yang lengkap dan bisa menjawab pertanyaan para pencari.

Jika artikel yang Anda tulis masih berkisar di angka 300-400, sebaiknya mulai tingkatkan kuantitas kata di setiap artikel Anda.

Berdasarkan analisis Backlink.io, rata-rata panjang artikel blog yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google adalah 1900 kata. Jadi usahakan panjang artikel blog Anda berada di sekitar angka tersebut.


Tulis Judul Yang Menarik
Judul adalah elemen artikel yang dilihat pertama kali oleh orang di hasil pencarian. Oleh karena itu, Anda harus membuat judul artikel yang menarik agar dilirik oleh para pencari di Google.

Utarakan secara jelas apa yang Anda bahas di artikel dan masukkan kata-kata sifat yang kuat di judul. Artinya pembaca bisa mengetahui sekilas apa yang akan mereka dapatkan dari artikel Anda dan mendapatkan tips-tips yang benar-benar efektif dari artikel ini.


Tambahkan Visual Menarik
Anda juga harus kreatif mengolah konten Anda menjadi menarik dan tidak membosankan bagi pembaca.

Banyaknya pengunjung website atau blog yang langsung meninggalkan web tersebut disebut sebagai bounce rate. Bounce rate juga menjadi salah satu faktor penilaian Google di hasil pencariannya. Bounce rate yang tinggi menandakan konten Anda tidak cukup membantu pembaca. Akibatnya ranking website menurun di hasil pencarian dan traffic pun menurun.

Masalah ini dapat diatasi dengan menambahkan visual menarik di artikel blog Anda seperti infografik, foto, atau gambar ilustrasi.


Tambahkan Video Sebagai Pelengkap Artikel
Anda bisa menambahkan video. Video merupakan cara paling efektif untuk membuat pengunjung website betah membaca artikel panjang Anda.
Semakin betah pengunjung website membaca artikel Anda, semakin baik kualitas SEO Anda di penilaian Google.

Tingkatkan Kecepatan Website/Blog
Pengunjung website dan blog tidak sabar menunggu halaman loading.jika loading website Anda lebih dari 3 detik, kemungkinan untuk ditinggalkan pengunjung website.


Pastikan Website/Blog Anda Responsif
Pastikan website atau blog Anda responsif di semua perangkat, baik perangkat desktop maupun perangkat mobile.


Manfaatkan Penggunaan Internal Link
Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain di satu website yang sama. Internal link membantu mesin pencari untuk memahami konteks dan hubungan antar halaman di website Anda.


Lakukan Guest Post
Guest post adalah menulis artikel untuk diterbitkan di blog orang lain. Dalam melakukan guest post, Anda perlu teliti ketika memilih website ataublog yang akan menerbitkan artikel Anda. Pilihlah blog atau website yang trafiknya lebih tinggi dari website Anda.

Di dalam artikel tersebut Anda meletakkan link menuju blog atau website Anda. Dengan begitu website atau blog Anda akan dibanjiri trafik dari follower blogger tersebut.


Kirim Email Marketing
Metode ini cukup efektif untuk mendatangkan trafik. Bahkan sebuah studi dari McKinsey membuktikan email marketing 40 kali lebih efektif mendatangkan trafik dibanding Facebook dan Twitter.


Riset Kompetitor
Mengawasi pergerakan lawan merupakan langkah penting. Begitu juga di kompetisi memenangkan posisi pertama hasil pencarian. Anda harus mengawasi pergerakan kompetitor-kompetitor di industri Anda.

Ahrefs menyediakan fitur Site Explorer yang memungkinkan Anda untuk mengecek performa sebuah situs. Site Explorer akan memberikan laporan dari kualitas backlink, kualitas domain, keyword yang digunakan, hingga kualitas organic traffic dari sebuah situs. Anda bisa memeriksa laporan keyword yang tersaring di website kompetitor Anda dan pilih kata kunci yang bisa Anda gunakan.


Perbaiki SEO On Page dan Off Page
Mendapatkan trafik dari media sosial, tetapi trafik dari organic search tetap menjadi prioritas. Agar bisa mengamankan trafik dari organic search, website Anda harus memiliki kualitas SEO yang baik.

SEO sendiri terbagi menjadi dua, yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page adalah langkah optimasi yang diterapkan pada konten yang diterbitkan di halaman website atau blog. SEO on page mencakup judul, URL & permalink, isi artikel, heading, dan media yang ada dalam artikel.

Berbeda dengan SEO on page, di SEO off page yang akan Anda optimasi adalah elemen-elemen di luar website yang mempengaruhi ranking di hasil pencarian. Beberapa elemen di luar website yang mempengaruhi ranking website di hasil pencarian adalah backlink dan share di media sosial.